Standard: Dilema Ujian Bagi Kelas XII


Tahun 2012 bulan ketiga, yup..!! Memasuki semester genap, merupakan semester yg paling krusial bagi anak kelas XII. Dimana waktu belajar mereka di sekolah lebih banyak diisi dengan pendalaman materi, baik intra maupun ekstra. Merupakan semester dmana mereka harus menhadapi berbagai ujian sebelum memasuki ujian nasional. Ujian yang menurut mereka sungguh memuakkan, tetapi suka atau tidak suka harus mereka hadapi.

Di minggu ke tiga bulan maret ini, atau tepatnya tanggal 19 maret-26 maret 2012 siswa/siswi di sekolah tempat gue ngajar mulai diadakan ujian akhir sekolah, mereka mulai menempuh ujian akhir sekolah, setelah sebelumnya mereka mengikuti ujian praktik dan try out.

Ujian akhir sekolah adalah ujian yang diadakan sebelum mereka menempuh ujian nasional, yaitu sebuah ujian yg menurut mereka adalah pertarungan antara hidup dan mati. Apakah mereka bisa lepas dari sekolah yg telah mereka tempati selama ± 3 (tiga) tahun, atau mereka tetap stay di sekolah, untuk mengulang ujian tahun berikutnya, semuanya ditentukan oleh hasil ujian nasional.

Banyak dari mereka yang membeli kunci jawaban untuk menjawab soal ujian nasional. Tidak sedikit pula dari mereka yang percaya, bahwa kunci jawaban yg mereka dapatkan merupakan jawaban yg sesungguhnya. Mungkin ya, mungkin juga tidak.
Tetapi, apakah keberhasilan atau kegagalan dalam menempuh suatu ujian itu akan lebih baik jika berasal dari apa yg telah dipelajari…??

Kalau diperhatikan dengan seksama, buat apa mereka belajar selama ± 3 (tiga) tahun, klo pada akhirnya mereka membeli kunci jawaban menjelang ujian nasional….

Posted with WordPress for BlackBerry.

Tinggalkan Pesan Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s