Tutorial Microsoft Word 2010


Microsoft Word 2010 adalah program pengolah kata, yang dirancang untuk membantu Anda membuat dokumen profesional berkualitas. Dengan format dokumen alat terbaik, word membantu Kita mengatur dan menulis dokumen lebih efisien. Word juga mencakup alat yang kuat mengedit dan merevisi sehingga Kita dapat berkolaborasi dengan orang lain dengan mudah.

OK deh…. kita langsung aja ke tutorialnya…. Mudah-mudahan tutorial ini bisa berguna buat temen-temen yang mau menggunakan Microsoft Word 2010

RIBBON

Memahami Ribbon adalah cara yang bagus untuk membantumemahami perubahan antara Microsoft 2003 ke Microsoft 2010. Ribbon memegang semua informasi dalam versi sebelumnyadari Microsoft Office dengan cara garis streaming lebih visual melalui serangkaian tab yang mencakup berbagai fitur program yang sangat besar.

Tab Home 

Ini adalah tab yang paling banyak digunakan, itu menggabungkan semua fitur format teks seperti font dan perubahan paragraf.

 Tab Insert 

Tab ini memungkinkan Kita untuk memasukkan berbagai item ke dalam dokumen dari gambar, clip art, tabel dan header dan footer.

Tab Page Layout 

Tab ini memiliki perintah-perintah untuk mengatur elemen halaman seperti margin, orientasi,  menyisipkan kolom latar belakang halaman dan tema.

Tab Reference 

Tab ini memiliki perintah-perintah untuk digunakan saat membuat Daftar Isi dan halaman kutipan untuk kertas. Ini menyediakan Kita dengan banyak solusi sederhana untuk menghasilkan dokumen.

Tab Mailings 

Tab ini memungkinkan Kita untuk membuat dokumen untuk membantu ketika mengirimkan surat seperti mencetak amplop ,label dan gabungan pengolahan surat.

Tab Review 

Tab ini memungkinkan Kita untuk membuat perubahan ke dokumen kita karena masalah ejaan dan tata bahasa . Hal ini juga memegang fitur melacak perubahan yang menyediakan orang-orang dengan kemampuan untuk membuat catatan dan perubahan dokumen orang lain.

Tab View 

Tab ini memungkinkan Kita untuk mengubah tampilan dokumen kita ke dokumen dua halaman yang berbeda atau memperbesar/memperkecil.

Memulai Microsoft Word 2010

Memulai Microsoft Word 2010

Sekarang mari kita lihat langkah yang diperlukan untuk membuat dokumen.

Anda mungkin memiliki cara pintas untuk Word pada desktop Anda, jika demikian klik dua kali ikon dan Word akan terbuka. Jika tidak ikuti langkah berikut:

1. Klik pada tombol Start

2. Sorot All Programs 

3. Sorot Microsoft Office 

4. Klik pada Microsoft Word 2010 

 Membuat Dokumen Baru

  1.  Klik tab File kemudian klik New.
  2.  Dalam Template Tersedia, klik Blank     Document.
  3.  Klik Create.

 Menggunakan Template

 Word 2010 memungkinkan Anda untuk menerapkan built-intemplate dari berbagai pilihan template Word populer, termasuk resume, agenda, kartu bisnis, dan faks. Untuk menemukan dan menerapkan template di Word, lakukan hal berikut:

1.  Pada Tab File, Klik New

2.  Berdasarkan Template yang tersedia , lakukan salah satu berikut ini:

  • Untuk menggunakan salah satu dari built-in template, klik Template Contoh, klik template yang Anda inginkan, kemudian klik Create
  • Untuk menggunakan kembali template yang Anda baru saja digunakan, klik Template terakhir, klik template yang Anda inginkan, kemudian klik Create.
  • Untuk mencari template pada Office.com, di bawah Template Office.com, klik kategori template yang Anda inginkan, kliktemplate yang Anda inginkan, dan klik Download untuk mendownload template dari Office.com ke komputer Anda.

3.  Setelah Anda memilih template, Anda dapat memodifikasi dengan cara apapun untuk membuat dokumen yang Anda inginkan.

CATATAN: Anda juga dapat mencari template pada Office.comdari dalam Word. Dalam Office.com untuk kotak pencarian  template, ketik satu atau lebih istilah pencarian, dan kemudian klik tombol panah untuk pencarian.

Membuka dokumen

  1. Klik tab File, kemudian klik Open.
  2. Pada panel kiri dari kotak dialog Open, klik drive atau folder yang berisi dokumen.
  3. Di panel sebelah kanan dari kotak dialog Open, buka folder yang berisi dokumen yang Anda inginkan.
  4. Klik dokumen dan kemudian klik Open.

Cut, Copy and Paste

Jika Anda ingin menghapus teks dari dokumen Anda  Anda dapat menyalin atau memotong teks dari dokumen. Cukup sorot teks lalu ke tab Home di grup Clipboard dan klik Potong atau Salin. Anda juga dapat klik kanan pada mouse anda dan pilih Potong atau Salin

Paste Teks

Jika Anda Salin teks, Anda biasanya perlu Paste di suatu tempat. Fitur Tempel di Word 2010 jauh lebih rinci daripada di versi sebelumnya Word. Ketika Anda paste konten, Pilihan tombol Paste menyediakan pilihan yang berbeda, tergantung pada sumber konten.

Keep Source Formatting: Pilihan ini mempertahankan tampilan teks asli.

Keep Text Only: Pilihan ini menghapus semua format asli dari teks.

Link & Keep Source Formatting: Pilihan ini mempertahankan tampilan teks asli, danmempertahankan link ke file sumber dan pembaruan teks disisipkan dengan perubahan yang dibuat ke file sumber.

Link & Use Destination Styles: Ini pilihan format teks agar cocok dengan gaya yang diterapkan di mana teks disisipkan. Hal ini juga mempertahankan link ke file sumber dan pembaruan teks disisipkan dengan perubahan yang dibuat ke file sumber.

Merge Formatting: Pilihan ini merubah format sehingga cocok dengn teks yang mengelilinginya

 Picture: Pilihan ini menyisipkan teks sebagai gambar.

Use Destination Styles: Pilihan ini memformat teks agar cocok dengan gaya yang diterapkan di mana teks disisipkan

Use Destination Theme: Pilihan ini memformat teks untuk mencocokkan tema yang diterapkan pada dokumen mana teks yang disisipkan.

Untuk Paste, klik pada area yang Anda ingin informasi Anda untuk dimasukkan dan baik pergi ke tab Home di Clipboard kelompok dan klik Paste atau klik kanan pada mouse anda dan pilih Paste.

Undo

Quick Access Toolbar memegang berbagai perintah tepat pada ujung jari Anda. Hal ini terletak di bagian kiri atas dokumen di atas tab File dan Home.

  • Anda dapat menambahkan atau menghapus perintah dengan mengklik pada panah ke kanan dari Quick Access Toolbar
  • Jika Anda membuat kesalahan dalam dokumen Anda klik pada perintah Undo dan akan menghapus hal terakhir yang Anda lakukan

Show/Hide Formatting Marks

Perintah Tampilkan / Sembunyikan memungkinkan Anda untuk melihat setiap kali anda menekan space bar, tekan enter atau tab. Fitur ini bisa sangat berguna ketika membuat dokumen untuk memahami di mana semuanya ditempatkan dalam dokumen Anda dan lihat jika ada kesalahan yang telah dibuat.

Pada tab Home, dibagian Paragraph group, klik Show/Hide


Formatting Text

Memformat dokumen dapat berkisar dari ukuran teks memodifikasi untuk grafis menambahkan. Sangat mudah untuk menambahkan sentuhan kreatif untuk dokumen dengan opsi Microsoft Word yang ditawarkan.

Modifying Fonts

Font Group memungkinkan Anda untuk mengubah teks gaya font, ukuran, warna dan elemen lainnya

  1. Sorot teks yang ingin memodifikasi.
  2. Klik pada panah drop-down gaya font dan ukuran font dan pilih perubahan yang Anda ingin membuat.
  3. Sementara teks akan disorot Anda juga dapat mengklik pada warna, tebal, miring atau garis bawah perintah untuk memodifikasi teks bahkan lebih.

Change Text Case

Anda dapat mengubah teks yang dipilih dalam dokumen dengan mengklik tombol tunggal yang disebut Change Case.

  1. Sorot teks yang Anda ingin ubah.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Change Case.
  3. Pilih opsi dari daftar dropdown, yang mencakup Sentence case, lowercase, UPPERCASE, Capitalize Each Word, and tOGGLE cASE

Menambahkan efek teks

  1. Pilih teks yang ingin Anda tambahkan efek.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Text Effect.
  3. Klik efek yang Anda inginkan.
  • Untuk lebih banyak pilihan, arahkan ke Outline, Shadow, Refleksi, atau Glow, dan kemudian klik efek yang ingin Anda tambahkan.

Menghapus efek teks

  1. Pilih teks yang ingin Anda hapus efeknya.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Clear Formatting.

Format Painter

Fitur Format Painter memungkinkan Anda untuk cepat menyalin format yang sudah dalam dokumen Anda
  1. Pilih teks atau gambar yang memiliki format yang ingin Anda salin.
  2. Pada tab Home, dibagian Clipboard group, klik Format Painter. Pointer akan berubah menjadi ikon kuas.
  3. Arahkan kursor ke teks atau grafis yang ingin Anda format dan klik pada teks.
  4. Untuk menghentikan format, tekan ESC atau klik pada perintah Format Painter lagi.
CATATAN: Double-klik tombol Format Painter jika Anda ingin mengubah format beberapa pilihan dalam dokumen Anda
Clear Formatting
Untuk menyingkirkan semua style, efek teks, dan format font dalam dokumen Anda, lakukan berikut:
  1. Pilih teks yang Anda ingin menghapus format dari. Atau tekan CTRL + A untuk memilih semuanya dalam dokumen.
  2. Pada tab Home, dibagian Font group, klik Clear Formatting.
 CATATAN: Perintah Format Hapus tidak akan menghapus penyorotan dari teks Anda. Untuk menghapus penyorotan, pilih teks yang disorot, dan kemudian klik tanda panah di sebelah Sorot Warna Teks dan klik No warna.
Memformat Dokumen

Mengatur Line Spacing

Jarak default adalah 1,15 spasi baris dan 10 poin setelah setiap paragraf. Jarak default pada dokumen Micorosoft Office 2003 adalah 1.0 antara garis dan tidak ada baris kosong antara paragraf.
Cara termudah untuk mengubah jarak baris untuk seluruh dokumen adalah menyorot seluruh paragraf atau dokumen yang ingin Anda ubah spasi barisnya.
  1. Pada tab Home, dibagian Paragraph group, klik Line Spacing
  2. Lakukan salah satu dari langkah berikut:
  •  Klik nomor ruang baris yang Anda inginkan.Sebagai contoh, klik 1,0 untuk single-ruang dengan jarak yang digunakan dalam versi Word sebelumnya. Klik 2,0 untuk double-ruang paragraf yang dipilih. Klik 1,15 untuk single-ruang dengan jarak yang digunakan dalam Word 2010
  • Klik Remove Space Before Paragraph untuk menghapus baris tambahan ditambahkan setelah setiap paragraf sebagai standar.

CATATAN: Jika baris berisi karakter teks besar, grafis, atau formula, word meningkatkan jarak untuk baris itu. Untuk ruang semua baris suatu paragraf merata, gunakan jarak yang tepat dan tentukan jumlah ruang yang cukup besar sesuai dengan karakter atau grafik terbesar di baris. Jika muncul item cut off, tingkatkan jumlah jarak.

Orientasi Halaman

Anda dapat memilih salah satu potret (vertikal) atau lanskap (horizontal) untuk semua atau bagian dari dokumen Anda.

Ubah Orientasi Halaman

  1. Pada tab Page Layout, dibagian Page Setup Group, klik Orientation
  2. Klik Portrait atau Landscape
Berbeda Halaman Orientasi dalam Dokumen yang sama
  1. Sorot halaman atau paragraf yang ingin Anda ubah ke portrait atau orientasi landscape.
  2. Pada tab Page Layout, dibagian Page Setup Group, klik Margins
  • Klik Custom Margins di bagian bawah menu drop down
  • Kotak dialog Page Setup akan muncul.
  • Pada tab Margins, klik Portrait atau Lanscape.
  • Pada Apply to, klik Selected text atau This point forward

CATATAN: Jika Anda memilih beberapa tapi tidak semua teks pada halaman untuk mengubah portrait atau orientasi landscape, Word menempatkan teks yang dipilih pada halaman sendiri, dan teks sekitarnya pada halaman terpisah.

Page Margins

Margin halaman adalah ruang kosong di sekitar tepi halaman. Secara umum, Anda menyisipkan teks dan grafis di area cetak di dalam margin Bila Anda mengubah margin halaman dokumen, Anda mengubah di mana teks dan gambar muncul di setiap halaman. Anda dapat mengubah margin halaman dengan memilih dari salah satu setting Word dalam galeri Margins atau dengan menciptakan custom margin.

Mengatur Margins Halaman yang ditetapkan sebelumnya

  1. Pada tab Page Layout, dibagian Page Setup group, klik Margins. Drop down menu galeri Margins akan muncul
  2. Klik jenis margin yang ingin Anda terapkan.

Membuat Custom Margins

  1. Pada tab Page Layout, dibagian Page Setup group, klik Margins
  2. Di bagian bawah drop down menu galeri Margins, klik Custom Margins
  3. Kotak dialog Page Setup akan muncul.
  4. Masukkan nilai baru untuk margin pada semua atau beberapa, Atas Bawah, Kiri atau Kanan
  5. Klik OK

CATATAN: Kebanyakan printer memerlukan lebar minimum untuk pengaturan margin, karena mereka tidak dapat mencetak semua cara ke tepi halaman. Jika Anda mencoba untuk mengatur margin yang terlalu sempit, Microsoft Word menampilkan pesan Satu atau lebih margin diatur di luar area cetak halaman

Page Breaks

Word secara otomatis menyisipkan page break bila sudah mencapai akhir halaman. Jika Anda ingin memecah halaman di tempat yang berbeda, Anda dapat menyisipkan panduan page break

Menyisipkan Page Break

  1. Klik di mana Anda ingin memulai halaman baru.
  2. Pada tab Insert, dibagian Pages group, klik Page Break

CATATAN: Anda juga dapat menyisipkan page break ke dalam dokumen Anda dengan pergi ke tab Page Layout grup, Page Setup dan klik pada perintah Breaks untuk melihat berbagai halaman istirahat dan bagian Anda dapat memasukkan ke dalam dokumen Anda.

Menghapus Page Break

Anda tidak dapat menghapus page breaks yang Word masukkan secara otomatis, Anda hanya dapat menghapus page breaks yang Anda masukkan secara manual

  1. Pergi ke page break yang ingin Anda hapus
  2. Pilih page break dengan mengklik di margin sebelah garis putus-putus
  3. Tekan DELETE pada keyboard.

Headers, Footers, and Page Numbers

Anda dapat menambahkan header, footer dan nomor halaman dengan berbagai cara. Cara termudah adalah klik dua kali pada bagian atas atau bawah halaman dan header footer dan daerah akan muncul. Masukkan teks yang ingin Anda tampilkan di bagian atas atau bawah setiap halaman.

Menambahkan Page Numbers

Jika Anda ingin nomor halaman pada setiap halaman, Anda dapat dengan cepat menambahkan nomor halaman dari galeri.

  1. Pada tab Insert, dibagian Header & Footer group, klik Page Number.
  2. Klik lokasi page number yang diinginkan
  3. Dalam galeri, gulir melalui pilihan, dan kemudian klik format nomor halaman yang Anda inginkan.
  4. Untuk kembali ke isi dokumen Anda, klik Close Header and Footer pada tab Design (dibawah Header & Footer Tools).

Menambahkan Header or Footer

  1. Pada tab Insert, dibagian Header & Footer group, klik Header or Footer
  2. Klik header or footer yang ingin anda tambahkan ke dalam dokumen dan area header atau footer anda akan terbuka
  3. Ketik teks di area header atau footer
  4. Untuk kembali ke isi dokumen anda, klik Close Header and Footer pada tab Design (dibawah Header & Footer Tools).

Menghapus page numbers, headers, and footers

  1. Klik pada perintah Header, Footer dan Page Number
  2. Sebuah menu drop down akan muncul
  3. Klik Hapus di bagian bawah menu

Bulleted dan Numbered List

  1. Perintah Bullets
  2. Perintah Numbering

Anda dapat dengan cepat menambahkan bullet atau nomor ke garis teks yang ada, atau Word secara otomatis dapat membuat daftar seperti yang Anda ketik. Secara default, jika Anda memulai sebuah paragraf dengan tanda bintang atau nomor 1., Word mengenali bahwa Anda mencoba untuk memulai sebuah daftar bullet atau nomor. Jika Anda tidak ingin teks Anda diubah menjadi daftar, Anda dapat mengklik tombol AutoCorrect Options yang muncul.

Menyisipkan daftar Bulleted atau Numbered

  1. Klik area di mana Anda menginginkan daftar Anda untuk muncul atau sorot teks yang Anda inginkan untuk berada dalam daftar.
  2. Arahkan ke tab Home, dibagian Paragraph group, klik Bullets atau Numbering.
  3. Bullet(s) atau number(s) akan disisipkan

Memilih Tipe Bullets atau Numbering

  1. Pilih items yang ingin anda tambahkan bullets atau numbering.
  2. Pada tab Home, dibagian Paragraph group, klik tanda panah disebelah perintah Bullets atau Numbering
  3. Pilih format bullet atau number yang ingin anda sisipkan

Pindah Daftar Kiri atau Kanan

Jika Anda tidak menyukai lokasi bullets atau nomor Anda dapat dengan mudah memindahkan mereka ke lokasi yang lebih disukai.

  1. Klik bullet atau number dalam daftar untuk menyorot daftar
  2. Tarik daftar ke lokasi baru. Seluruh daftar bergerak seperti yang Anda tarik. Level penomoran tidak berubah

Document Ruler

Anda dapat menggunakan penggaris horisontal dan vertikal di Word untuk menyelaraskan teks, grafik, tabel, dan elemen lainnya dalam dokumen Anda. Untuk melihat penggaris horizontal di bagian atas dokumen Word Anda dan penggaris vertikal di sepanjang tepi kiri dokumen Anda, Anda harus berada dalam tampilan Tata Letak Cetak.

Untuk menampilkan atau menyembunyikan ruler horisontal dan vertikal, klik Lihat Ruler di bagian atas vertikal scroll bar.

Tab Stops

Membuat tab stop dapat membantu saat membuat sejumlah besar dokumen-dokumen seperti brosur, daftar isi atau bahkan ketika membuat resume. Mereka membantu Anda untuk menampilkan dan berbaris informasi dengan benar.

Setting Manual Tab Stops

  1. Klik tab di selector ujung kiri penggaris sampai menampilkan jenis tab yang Anda inginkan.
  2. Kemudian klik pada penggaris di bagian atas halaman Anda, di mana Anda ingin mengatur tab stop.

Berbagai jenis tab stop ditemukan pada penggaris adalah:

 Left Tab stop set posisi awal teks yang kemudian akan berjalan ke kanan ketika Anda mengetik

 Center Tab stop set posisi dari tengah teks. Teks akan berpusat pada posisi ini ketika Anda mengetik

 Right Tab stop set ujung kanan teks. Saat Anda mengetik, teks bergerak ke kiri

 Decimal Tab stop menyelaraskan angka sekitar titik desimal. Independen dari jumlah digit, titik desimal akan berada dalam posisi yang sama. (Anda dapat menyelaraskan nomor disekitar karakter desimal saja)

 Bar Tab stop tidak memposisi teks. Ini menyisipkan vertikal bar pada posisi tab

CATATAN: Anda dapat menarik tab stop yang ada ke kiri atau kanan bersama ruler ke posisi yang berbeda. Hanya Klik dan tahan tab stop pada ruler kemudian tarik ke mana pun Anda inginkan

Mengatur Tab Stop Secara Detail

Jika Anda ingin tab stop di posisi yang tepat yang tidak bisa Anda dapatkan dengan mengklik ruler, atau jika Anda ingin menyisipkan karakter tertentu (leader) sebelum tab, Anda dapat menggunakan kotak dialog Tabs.

  1. Klik tab Home, klik Paragraph Dialog Box Launcher
  2. Sebuah kotak Paragraf akan muncul, klik pada tombol Tab di bagian bawah kiri kotak dialog
  3. Sebuah kotak dialog Tabs akan muncul
  4. Di bawah posisi area Tab stop, ketik lokasi di mana Anda ingin mengatur tab stop. Tekan Enter
  5. Di bawah Alignment, klik jenis tab stop yang Anda inginkan. Lihat tabel di atas untuk penjelasan berbagai jenis tab stop.
  6. Untuk menambahkan titik dengan tab stop Anda, atau menambah tipe leader, klik opsi yang Anda inginkan di bawah Leader
  7. Klik Set
  8. Ulangi Langkah 4-5 untuk menambah tab stop lainnya, atau klik OK
  9. Kotak dialog Tab akan hilang dan Anda seharusnya melihat tab Anda pada penggaris dokumen

Hapus Tab Stop

Anda dapat menghapus tab stop dalam berbagai cara, yang paling sederhana arahkan ke ruler, klik dan tahan pada tab stop dan tarik ke bawah ke arah dokumen. Tab stop akan hilang. Untuk cepat menghapus beberapa tab stop:

  1. Klik tab Home, klik Paragraph Dialog Box Launcher
  2. Sebuah kotak Paragraf akan muncul, klik pada tombol Tabs disebelah kiri kotak dialog
  3. Sebuah kotak dialog Tabs akan muncul
  4. Dalam daftar di bawah posisi Tab stop, klik posisi tab stop yang ingin Anda bersihkan, dan kemudian klik Clear. Untuk menghapus spasi dari semua panduan tab stop, klik Clear All
  5. Klik OK
Bekerja dengan Grafik
Menyisipkan Shapes
Anda dapat menambahkan satu shapes ke file Anda atau menggabungkan beberapa shapes untuk membuat gambar atau shapes yang lebih kompleks. Tersedia shapes termasuk garis, geometris dasar, panah, persamaan, flowchart, bintang, spanduk, dan callouts. Setelah Anda menambahkan satu atau lebih shapes, Anda dapat menambahkan teks, bullets, numbering, dan cara cepat untuk menambahkannya:
  1. Pada tab Insert, dibagian Illustrations group, klik Shapes
  2. Sebuah drop down menu akan muncul, klik shape yang Anda inginkan
  3. Klik di manapun dalam dokumen, dan kemudian tarik untuk menempatkan shapes.

Menyisipkan Teks ke Shapes

Setelah Anda menambahkan shape, Anda mungkin ingin menambahkan teks dalam shape. Yang harus Anda lakukan adalah klik pada bagian dalam shape dan mulai mengetik.

CATATAN: Teks yang anda tambahkan menjadi bagian dari shape , jika Anda memutar atau membalik shape, teks berputar atau membalik juga

Format Shapes

Setelah Anda menyisipkan shape tab baru bernama Drawing Tools Format akan muncul setiap kali Anda mengklik pada shape

  1. Klik shape baru yang  ingin Anda terapkan atau quick style
  2. Arahkan ke tab Drawing Tools Format, pada Shape Styles group, klik the style yang ingin Anda terapkan
  3. Untuk melihat Quick Styles lainnya, klik tombol More
Tab Drawing Tools Format juga memungkinkan Anda untuk mengubah shape fill, garis, efek dan pilih bagaimana teks dalam dokumen Anda sudah membungkus shape

Menghapus Shapes

Jika Anda memutuskan tidak lagi menginginkan shape dalam dokumen Anda, klik pada shape kemudian tekan DELETE.

MenyisipkanText Boxes

Sebuah text box adalah obyek yang memungkinkan Anda meletakkan lalu ketik teks di manapun di file Anda.
  1. Pada tab Insert, dibagian Text group, klik Text Box dan sebuah drop down menu akan muncul.
  2. Klik pada template text box atau klik Draw Text Box di bagian bawah menu drop-down untuk menggambar text box Anda sendiri.
  3. Jika Anda memilih untuk menggambar text box Anda sendiri Anda perlu untuk mengklik di dalam dokumen, kemudian drag untuk menggambar ukuran text box yang Anda inginkan.
  4. Untuk menambahkan teks ke text box, klik di dalam text box, dan kemudian ketik atau sisipkan teks.
  • Untuk memformat teks pada text box, pilih teks, kemudian gunakan opsi format pada Font group pada tab Home
  • Untuk posisi text box, klik text box, ketika pointer berubah menjadi , geser text box ke lokasi

CATATAN: Jika Anda memiliki masalah pencetakan text box, pastikan bahwa gambar-gambar Cetak yang dibuat dalam Word check box dipilih. Untuk melakukan ini, klik tab File, klik Options, klik Display, dan kemudian di bawah Pilihan Percetakan, pilih Word check box pada Mencetak gambar

Menghapus Text Boxes

Untuk menghapus text box cukup mengklik border text box yang ingin Anda hapus, kemudian tekan DELETE.  Pastikan pointer tidak berada di dalam text box, melainkan pada border text box. Jika pointer tidak pada border, menekan DELETE akan menghapus teks di dalam text box dan bukan text box.

WordArt

WordArt dapat digunakan untuk menambahkan efek teks khusus ke dokumen Anda. Sebagai contoh, Anda dapat meregang judul, teks miring, membuat teks sesuai dengan bentuk yang telah ditetapkan, atau menerapkan gradien fill. WordArt menjadi obyek yang dapat Anda pindahkan atau posisikan dalam dokumen Anda untuk menambahkan hiasan atau penekanan. Anda dapat memodifikasi atau menambahkan teks dalam objek WordArt yang ada kapanpun Anda inginkan. To add WordArt to text in your document, complete the following steps:

  1. Pada tab Insert, dibagian Text group, klik WordArt
  2. Sebuah Drop down menu akan muncul, klik  jenis WordArt yang Anda inginkan
  3. Sebuah Text Box akan muncul dengan kata-kata” Enter your  text here”, Masukkan teks Anda

Menyisipkan Picture/Clip Art

Pictures and clip art dapat dimasukkan atau disalin ke dalam dokumen dari berbagai sumber, termasuk download dari situs Web penyedia clip art, disalin dari halaman Web, atau dimasukkan dari folder di mana Anda menyimpan gambar

Menyisipkan Clip Art

  1. Pada tab Insert, dibagian Illustrations group, klik Clip Art.
  2. Sebuah Clip Art task pane akan muncul di sebelah kanan layar Anda, pada kotak Search for, ketik kata atau frase yang menggambarkan clip art yang Anda inginkan
  3. Klik Go
  4. Pada daftar hasil, klik ganda pada clip art utuk disisipkan ke dalam dokumen Anda

Menyisipkan Gambar dari Web

  1. Buka document
  2. Dari halaman Web, drag gambar yang Anda inginkan ke dalam dokumen Word

Menyisipkan Gambar dari File

Untuk menyisipkan gambar yang disimpan di komputer Anda, masukkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik di mana Anda ingin memasukkan gambar dalam dokumen Anda
  2. Pada tab Insert, dibagian Illustrations group, klik Picture
  3. Cari gambar yang ingin Anda sisipkan. Contoh, Anda mungkin memiliki file gambar yang terletak di My Documents
  4. Double-klik gambar yang ingin Anda masukkan dan akan muncul dalam dokumen Anda

CATATAN: Untuk mengubah ukuran gambar, pilih gambar yang Anda telah dimasukkan dalam dokumen. Untuk memperbesar atau memperkecil ukuran dalam satu atau lebih arah, tarik gagang ukuran menjauh dari atau ke tengah, sementara Anda melakukan salah satu dari berikut:

Mengubah ukuran Grafis

Anda dapat dengan mudah mengubah ukuran gambar, text box, shape, dan Word Art dalam file Anda. Anda juga dapat memotong gambar atau mengembalikan mereka ke ukuran aslinya

Mengubah ukuran grafis secara manual

  1. Klik bentuk gambar, kotak teks atau Word Art yang ingin Anda ubah ukurannya
  2. Lingkaran atau kotak kecil, juga dikenal sebagai handle ukuran, akan muncul di sudut-sudut dan sisi dari suatu objek yang dipilih
  3. Klik dan tahan pada sizing handle jauh dari atau ke arah pusat untuk menambah atau mengurangi ukuran gambar

Cropping sebuah gambar

Cropping mengurangi ukuran gambar dengan menghapus tepi vertikal atau horizontal. Cropping sering digunakan untuk menyembunyikan atau memangkas bagian dari gambar, baik untuk penekanan atau untuk menghapus bagian yang tidak diinginkan

  1. Klik gambar yang Anda ingin di crop
  2. Arahkan Picture Tools, pada tab Format, dibagian Size group, klik Crop
  3. Garis putus-putus hitam akan muncul di sekitar gambar Anda. Kemudian geser bagian tengah cropping handle ke arah dalam
  4. Ketika Anda drag cropping handle, Anda akan melihat area grafis yang ingin dihapus akan menjadi abu-abu.
  5. Setelah Anda mengkrop segala sesuatu yang Anda inginkan, klik di luar dari grafik untuk daerah abu-abu yang ingin Anda hapus untuk menghilang

Uncrop Gambar

Anda selalu dapat mengembalikan ukurannya atau gambar yang dipotong untuk tampilan aslinya

  1. Klik gambar Anda
  2. Arahkan ke Picture Tools, pada tab Format, dibagian Size group, klik Crop
  3. Garis putus-putus hitam akan muncul di sekitar gambar Anda. Tarik garis-garis hitam jauh dari tengah gambar dan gambar asli akan muncul

Teknik Memformat Lanjutan

Membuat Kolom

Kolom dapat digunakan dalam dokumen-dokumen seperti brosur, buletin atau  untuk menghemat ruang saat membuat daftar

Tambahkan kolom sebelum memasukkan teks:

  1. Buka tab Page Layout, pada kelompok Page Setup, klik Columns.
  2. Klik layout yang Anda inginkan. Dokumen Anda akan diformat dalam kolom.

CATATAN: Untuk menambahkan garis vertikal antara kolom, klik Kolom lagi, klik Kolom Lainnya, lalu pilih Line antara check box. Anda juga dapat menyesuaikan lebar dan spasi kolom

Tambahkan kolom ke bagian dokumen

Untuk melakukan sorot teks yang ingin diformat dalam kolom, atau menempatkan kursor Anda di mana Anda inginkan untuk memulai kolom.

  1. Pada tab Page Layout, pada Page Setup group, klik Columns.
  2. Klik More Columns
  3. Klik jumlah kolom yang Anda inginkan
  4. Pada Apply to, klik Selected text atau This point forward
CATATAN: Untuk mengubah tata letak lagi lebih lanjut dalam dokumen Anda, pilih teks atau klik di mana Anda ingin mengubah tata letak, dan kemudian ikuti langkah yang sama. Misalnya, Anda dapat berubah dari satu kolom ke tata letak dua kolom, dan kemudian Anda dapat mengubah kembali ke tata letak satu-kolom di halaman berikutnya.

SmartArt Grafis

SmartArt grafis adalah representasi visual dari informasi Anda bahwa Anda dapat dengan cepat dan mudah membuat, memilih dari berbagai layout, untuk secara efektif mengkomunikasikan pesan Anda atau ide-ide.
Anda dapat membuat SmartArt grafis di Excel, Outlook, PowerPoint, and Word.

SmartArt grafis memungkinkan Anda untuk membuat ilustrasi desainer berkualitas hanya dengan beberapa klik dari mouse anda. Bila Anda membuat SmartArt grafis, Anda diminta untuk memilih jenis SmartArt grafis, seperti Process, Hierarchy, Cycle, atau Relationship. Setiap jenis grafis SmartArt berisi beberapa layout yang berbeda. Setelah Anda memilih layout, mudah untuk beralih tata letak atau jenis grafik SmartArt. Sebagian besar teks dan konten lainnya, warna, gaya, efek, dan format teks secara otomatis dibawa ke layout baru.

Ketika Anda memilih sebuah layout, placeholder teks (seperti [Text]) ditampilkan, sehingga Anda dapat melihat bagaimana penampilan SmartArt grafis Anda, juga bukan ditampilkan selama slide show. Namun, bentuk selalu ditampilkan dan dicetak, kecuali Anda menghapusnya. Anda dapat mengganti teks placeholder dengan konten Anda sendiri.

Membuat SmartArt Grafis:

  1. Pada tab Insert, dalam Ilustrasi Group, klik SmartArt
  2. Pada kotak dialog Choose a SmartArt Graphic, klik jenis dan tata letak yang Anda inginkan
  3. Masukkan teks Anda dengan melakukan salah satu hal berikut ini:
  • Klik [Text] di panel Teks, dan kemudian ketik teks Anda
  • Salin teks dari lokasi lain, klik [Text] di panel Teks, dan kemudian paste teks Anda

Tambah atau Hapus Shapes di SmartArt Grafis

  1. Klik SmartArt grafis yang Anda ingin Anda tambahkan shape lain
  2. Klik shape yang ada yang terletak paling dekat dengan tempat Anda ingin menambahkan shape baru
  3. SmartArt Tools, pada tab Design, dalam grup Create Graphic, klik panah di bawah Add Shape
  4. Lakukan salah satu langkah berikut :
  • Untuk menyisipkan shape setelah shape yang dipilih, klik Add Shape After
  • Untuk menyisipkan shape sebelum shape yang dipilih, klik Add Shape Before
CATATAN: Untuk menghapus shape dari SmartArt grafis Anda, klik shape yang ingin Anda hapus, kemudian tekan DELETE. Untuk menghapus seluruh SmartArt grafis, klik batas grafis SmartArt Anda, kemudian tekan DELETE

Memformat SmartArt Grafis

Anda dapat menerapkan variasi warna dan bentuk dalam SmartArt grafis Anda
  1. Klik SmartArt grafis Anda
  2. Dalam SmartArt Tools, pada tab Design, dibagian SmartArt Styles group
  3. Pilih Style SmartArt yang ingin Anda terapkan untuk menambah style garis bevels atau efek 3-D
  4. Di SmartArt Styles group Anda dapat juga mengkklik Change Colors untuk lebih memodifikasi SmartArt grafis Anda
  5. Klik variasi warna yang Anda inginkan

CATATAN: Jika Anda tidak melihat SmartArt Tools atau tab Desain, pastikan bahwa Anda telah memilih grafis SmartArt. Anda mungkin harus klik dua kali SmartArt grafis untuk membuka tab Desain.

Tabel

Menggunakan tabel di Word dapat menyediakan Anda dengan elemen tambahan untuk dokumen. Tabel dapat digunakan untuk membuat daftar atau format teks secara terorganisasi.

Menyisipkan Table

  1. Klik di mana Anda ingin menyisipkan tabel
  2. Pada tab Insert, Tables grup, klik Table
  3. Sebuah drop down box akan muncul, klik dan tahan mouse Anda kemudian tarik untuk memilih jumlah baris dan kolom yang Anda inginkan masukkan ke dalam dokumen Anda. Anda akan lihat tabel Anda muncul dalam dokumen Anda seperti yang Anda seret pada grid
  4. Setelah Anda menyoroti baris dan kolom yang Anda inginkan lepaskan mouse dan tabel akan di dokumen Anda

Menambahkan Baris/Kolom ke Tabel

  1. Klik pada table
  2. di bawah Tabel Tools, buka tab Layout
  3. Klik pada Insert Above atau Insert Below untuk menambahkan baris, Klik pada Insert Left atau Insert Right untuk menyisipkan kolom
  4. Klik pada Delete untuk mengahpus kolom, baris atau cell

Menghapus Tabel

  1. Letakkan pointer pada tabel sampai ikon   muncul , kemudian klik ikon tersebut
  2. Tekan BACKSPACE pada keyboard

Hapus Isi Tabel.

Anda dapat menghapus isi sel, baris, kolom, atau seluruh tabel. Ketika Anda menghapus isi tabel, baris tabel dan kolom tetap dalam dokumen Anda.

  1. Pilih isi yang ingin Anda hapus dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :
  • Seluruh tabel : Dalam tampilan Cetak Layout, letakkan pointer ke tabel sampai ikon muncul, dan kemudian klik ikon
  • Satu baris atau beberapa baris : Klik disebelah kiri baris.
  • Satu kolom atau beberapa kolom : Klik garis paling atas dari kolom atau
    border
  • Cell : Klik tepi kiri dari cell

2.  Tekan DELETE

Menyelesaikan Dokumen

Menggunakan Fitur “Spell Check”

Saat Anda mengetik dokumen Anda, garis bergelombang merah akan muncul di bawah setiap kata yang dieja salah. Cara tercepat untuk memperbaiki kesalahan ejaan adalah:

  1. Letakkan kursor di atas kata yang salah eja dan klik kanan
  2. Sebuah drop down box akan muncul dengan ejaan yang benar dari kata tersebut
  3. Sorot dan klik kiri kata yang salah yang ingin Anda ganti

Untuk memeriksa lebih komprehensif Ejaan dan Tata Bahasa, Anda dapat menggunakan fitur Spelling dan Grammar :

  1. Klik pada tab Review
  2. Klik pada perintah Spelling & Grammar (tanda centang berwarna biru dengan ABC di atasnya)
  3. KotakSpelling and Grammar akan muncul
  4. Anda dapat memperbaiki Spelling atau mengeluarkan Grammar dalam kotak.

Print Preview

Print Preview otomatis ditampilkan saat Anda klik pada tab Print.Setiap kali Anda membuat perubahan ke pengaturan cetak-terkait, preview secara otomatis diperbarui

  1. Klik tab File, kemudian klik Print. Untuk kembali ke dokumen Anda, klik tab File.
  2. Sebuah preview dari dokumen Anda secara otomatis muncul.Untuk melihat halaman masing-masing, klik panah di bawahpreview.

Print

Tab Print adalah tempat untuk pergi untuk memastikan Anda mencetak apa yang Anda inginkan.

  1. Klik tab File
  2. Klik perintah Print untuk mencetak dokumen
  3. Klik tombol Print untuk mencetak  dokumen Anda
  4. Dropdown Ini menunjukkan printer yang sedang dipilih. Mengklik dropdown akan menampilkan printer lainnya yang tersedia
  5. Pengaturan Ini menunjukkan menu dropdown yang sedang dipilih. Tidak hanya menunjukkan kepada Anda nama fitur, menu dropdown ini menunjukkan kepada Anda apa status fitur ini dan menggambarkannya. Hal ini dapat membantu Anda mengetahui jika Anda ingin mengubah pengaturan dari apa yang telah Anda buat

TIP: Untuk kembali ke dokumen dan membuat perubahan sebelum Anda encetaknya, klik File tab.

Menyimpan document

Untuk menyimpan dokumen dalam format yang digunakan oleh Word 2010 dan Word 2007, lakukan hal berikut :

  1. Klik tab File
  2. Klik Save As
  3. Pada kotak File name, masukkan nama document
  4. Klik Save.

Untuk menyimpan dokumen sehingga kompatibel dengan Word 2003 atau sebelumnya, lakukan berikut:

  1. Klik tab File
  2. Klik Save As
  3. Pada Save as type list, klik Word 97-2003 Document. Ini akan merubah format file ke .doc
  4. Pada kotak File name, ketik nama untuk document.
  5. Klik Save

Help

Jika Anda membutuhkan bantuan tambahan ketika menyelesaikan dokumen Anda Anda dapat menggunakan fitur bantuan.

  1. Klik pada lingkaran biru dengan perintah tanda tanya putih
  2. Kotak Help akan muncul
  3. Klik pada Search Help textbox dan ketikkan bantuan apa yang Anda butuhkan
  4. Klik kaca pembesar di sebelah kotak teks dan solusi yang memungkinkan akan muncul.

23 thoughts on “Tutorial Microsoft Word 2010

  1. Your Questions About Old Fonts On Microsoft Word | Free Cursive Fonts

  2. I loved up to you’ll obtain carried out proper here. The cartoon is tasteful, your authored subject matter stylish. nevertheless, you command get got an shakiness over that you want be handing over the following. unwell no doubt come further beforehand once more since exactly the same nearly a lot regularly within case you defend this hike.

  3. obviously like your website however you need to check the spelling on several of your posts. Several of them are rife with spelling issues and I to find it very bothersome to tell the truth on the other hand I will definitely come again again. gdgcfbbfddkg

    • monggo silakan copas.. selama belajar.. silakan copas tanpa perlu ijin.. Jika ada yang salah dalam artikel ini mohon kiranya untuk memberitahu saya. terima kasih dan semoga bermanfaat untuk semuanya🙂

    • untuk copy ke flashdisk, terlebih dulu pastikan flashdisk tidak terkunci dan terdeteksi oleh PC atau laptop, kemudian perhatikan posisi drive flashdisk apakah di D; E; F atau yang lainnya. setelah itu menggunakan mouse atau touchpad, klik kanan pilih copy pada data yang ingin di copy. kemudian buka flashdisk yang sudah terdeteksi oleh PC atau laptop, kemudian klik kanan dan pilih paste.

Tinggalkan Pesan Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s