Cara Install Joomla di Web Hosting Gratis


Cara Install Joomla Di Web Hosting Gratis berbeda jika anda menginstalnya pada hosting berbayar. Di Web hosting gratis / free hosting banyak sekali batasan-batasan yang diterapkan yang diantaranya :

1. Tidak tersededianya fasilitas script installer semacam fantastico dan softaculous.
2. Localhost yang unik
3. PhpMyadmin yang unik
4. Limitnya kuota upload
5. Dsb
Sampai disini jika anda sedang malas membaca tutorial ini anda bisa mengunjungi salah satu hosting grtis yang memiliki fitur cukup baik karena tersedia :

1. Cpanel
2. Fasilitas auto script installer
3. PhpMyadmin
4. Dsb

Untuk mengunjunginya silahkan klik >>Web Hosting Gratis<<

Ok kita kembali ke topik!, Anda masih dapat menginstall, menggunakan joomla di dalam web hosting yang tidak ada fasilitas auto installer dengan cara menguploadnya. Namun mengupload pun harus tahu caranya karena adanya pembatasan kuota upload yang diterapkan.

Silahkan ikuti tutorial ini dari mulai menyiapkan file, download dan upload database dari lokal ke web hosting, mengubah configuration.php dan seterusnya.

Saya asumsikan anda telah memiliki sebuah website joomla didalam komputer anda dan ingin menginstallnya secara online. Hal pertama yang harus dilakukan adalah :

1. klik tombol : Online File Manager

Gambar 1 (klik online file manager)

2. Didalam halaman file manager akan menjumpai pilihan seperti gambar dibawah ini. Pilih / klik htdocs

Gambar 2 (klik htdocs)

3. Jika anda klik maka akan segera memasuki folder tersebut dan lnjutkan dengan klik tombolupload yang ada pada bagian atas halaman. Selanjutnya anda akan berada pada halaman upload :

Gambar 3 (halaman upload)

4. Terdapat dua buah pilihan cara upload yakni File dan Archives (zip, tar, tgz, gz) maksud dari dua pilhan itu adalah :

Jika anda memilih file mode berarti anda bisa mengupload segala jenis file yang diperbolehkan oleh pihak web hosting gratis termasuk file zip. Tapi kalau anda memilih pilihan kedua anda hanya bisa mengupload file berjenis zip, tar, tgz dan gz dan secara otomatis web hosting akan mengekstrak file tersebut kedalam folder htdocs. Jadi pilihlah upload dengan cara kedua.Upload satu persatu setiap file zip yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.

Yang harus anda perhatikan adalah account data web hosting gratis dengan web hosting berbayar itu berbeda jauh sekali. Jika pada paid hosting anda memiliki account seperti : localhost untuk host server anda, ftp account dengan account anda pribadi. Berbeda dengan hosting gratis semua berdasarkan sharing, perhatikan gambar dibawah ini.

Gambar 4

Gambar diatas adalah account information anda. Perhatikan pada FTP account dimana terteraftp.xtreemhost.com sebagai ftp host, bukan ftp.nama_domain.tld anda seperti di web hosting berbayar.

Perhatikan pula pada MySQL hostname dan lain sebagainya.

Saya asumsikan anda telah berhasil mengupload satu persatu file zip. dan sekarang giliran anda membuat database dan mendownload dan mengupload database dari localhost (lokal komputer ke hosting).

5. Download database dari local computer, caranya adalah dengn membuka halaman phpmyadmin server lokal anda. Kali ini saya menggunakan wamp server sebagai server local saya.

Perhatikan pada halaman phpmyadmin local host terdapat beberapa database yang telah saya buat sebelumnya. Pilih database yang anda gunakan pada website joomla anda.

Gambar 5

Gambar diatas adalah database yang telah saya buat di localhost dan pasti berbeda dengan phpmyadmin anda. Pilih database yang anda gunakan dengan cara mengklik nama database tersebut.

Gambar 6

Gambar diatas adalah structure database joomla. Kita harus mendownload dan menguploadnya ke phpmyadmin hosting. Klik tombol export maka anda akan memasuki halaman seperti dibawah ini.

Gambar 7 (klik / check box save as file lalu klik tombol go

Simpan file berekstensi .sql ini di dalam komputer anda karena akan kita upload ke dalam database yang akan kita buat pada langkah selanjutnya.

6. Sekarang kembali ke vista panel hosting gratis anda lalu klik tombol :

Gambar 8 (klik MySQL Database)

Gambar 9 (beri nama sesuai dengan keinginan lalu klik tombol create database

Gambar 10 (Anda harus mencatat dabase name tersebut i.e. xth_8346720_db1_test untuk anda gunakan untuk merubah configuration.php) Sampai disini anda bisa kembali ke halaman utama vista panel lalu klik tombol phpmyadmin

Gambar 11 (klik tombol phpmyadmin)

Gambar 12 (setelah anda klik tombol phpmyadmin maka anda akan memasuki halaman seperti gambar diatas. Klik link <——–connect now! dan…….

Gambar 13 (klik tombol import)

Gambar 14 (klik tombol browse dan arahkan ke lokasi anda menyimpan file .sql yang telah di download dari phpmyadmin lokal komputer lalu klik GO)

Gambar 15 (selamat sekarang anda telah berhasil mengupload database kedalam web server) Langkah selanjutnya adalah dengan merubah configuration.php

Ini adalah langkah terakhir yaitu merubah file configuration.php. Cara merubahnya adalah dengan membuka kembali file manager > htdocs lalu pilih file configuration.php > klik edit dan rubah parameter seperti dibawah ini :

rubah : var $host = ‘sesuai dengan account * free hosting’;

var $user = ‘sesuai dengan account* free hosting’; dan var $db =’sesuai dengan database yang anda buat pada langkah sebelumnya.

Scroll kebawah sampai anda menemukan var $password =’sesuai account hosting*’;

*= biasanya sesuai dengan username dan password vista panel

Selesai dan klik save lanjutkan dengan membuka website anda untuk memeriksa hasil upload kita kali ini.

Jika anda merasa sulit dan ingin mencari webhosting gratis dengan auto script installer silahkan kunjungi link berikut >>> web hosting gratis <<<

Tinggalkan Pesan Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s