Perbedaan Internet dengan Intranet


Definisi :

Internet

Secara harfiah, internet (singkatan dari interconnection networking) adalah hubungan komputer yang membentuk sistem jaringan yang mencakup sekuruh dunia (jaringan komputer global)  melalui jaringan telekomunikasi seperti telepon, radio link, satelit, dan lainnya.

Dalam mengatur integrasi dan komunikasi jaringan komputer ini, digunakan suatu protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan benar. Sedangkan IP (Internet Protocol) mentransmisikan data dari satu komputer ke komputer lain. TCP/IP, secara umum memilih rute terbaik untuk transmisi data; memilih rute alternatif, jika suatu rute tidak dapat digunakan; mengatur dan mengirimkan paket-paket data.

Untuk dapat menggunakan fasilitas internet, biasanya harus berlangganan kepada salah satu ISP (Internet Service Provider). ISP ini biasanya disebut penyedia jasa layanan internet.

Dengan memanfaatkan internet, pemakai komputer di seluruh dunia dimungkinkan dapat  saling berkomunikasi dan bertukar informasi dengan cara saling kirim e-mail, mengirim dan menerima file.

Fasilitas-fasilitas yang dapat dimanfaatkan dengan menggunakan internet adalah :

  • WEB, fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, suara, animasi, gambar, dan data multimedia lainnya. Untuk memudahkan membaca data dan informasi yang ada di web, dapat digunakan web browser.
  • E-Mail, fasilitas ini dapat digunakan untuk mengirim dan menerima surat elektronik (email), serta dapat menyertakan file tertentu sebagai lampiran (attachment).
  • FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini dapat digunakan untuk menghubungkan suatu komputer ke server tertentu. Dan dapat pula digunakan untuk mengirim (upload) data ke server tersebut, atau mengambil (download) data kemudian disimpan dikomputer.
Intranet
Sebuah jaringan komputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, cuman biasanya digunakan hanya di dalam (internal) perusahaan/kantor. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya melalui sambungan internet yang memberikan sambungan komunikasi jarak jauh. Tapi sebetulnya, sebuah Intranet ngga perlu sambungan luar ke internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protokol TCP/IP (protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Protokol HTTP dan beberapa protokol internet lainnya (FTP, POP3 atau SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan.

2 thoughts on “Perbedaan Internet dengan Intranet

  1. Ooh,,,berarti intranet itu cakupannya lebih terbatas dibanding internet ya,,, nice explanation sir,tengkyuuh maas… :*

Tinggalkan Pesan Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s