Freeware, Shareware, Free Software, Adware


Freeware atau perangkat lunak gratis, adalah perangkat lunak komputer berhak cipta yang gratis dan dapat digunakan tanpa batasan waktu, berbeda dengan shareware yang mengharuskan penggunanya membayar (misalnya, setelah jangka waktu percobaan tertentu atau untuk mendapatkan fungsi tambahan). Para pengembang perangkat gratis seringkali membuat perangkat gratis freeware “untuk disumbangkan kepada komunitas”, namun juga ingin mempertahankan hak mereka sebagai pengembang dan memiliki kontrol terhadap pengembangan selanjutnya. Freeware juga didefinisikan sebagai program apapun yang didistribusikan gratis.

Free Software lebih mengarah kepada bebas penggunaan tetapi tidak harus gratis. Pada kenyataannya, namanya adalah karena bebas untuk mencoba perangkat lunak sumber terbuka (Open Source) dan disanalah letak inti kebebasan : Program-program dibawah GPL, sekali diperoleh dapat digunakan, disalin, dimodifikasi dan didistribusikan secara bebas. Jadi, free software tidak mengarah kepada gratis pembelian, tetapi penggunaan dan distribusi. Begitu keluar dari lisensi, kita dapat menemukan berbagai cara untuk mendistribusikan perangkat lunak, termasuk freeware, shareware atau Adware. Klasifikasi ini mempengaruhi cara dimana program dipasarkan, dan independen dari lisensi perangkat lunak mana mereka berasal.

Shareware juga bebas, tapi lebih dibatasi untuk waktu tertentu. Shareware adalah program terbatas yang didistribusikan sebagai demonstrasi atau versi evaluasi dengan fitur atau fungsi yang terbatas atau dengan menggunakan batas waktu yang ditetapkan (misalnya 30 hari). Dengan demikian, memberikan pengguna kesempatan untuk menguji produk sebelum membeli dan kemudian membeli versi lengkap dari program. Sebuah contoh yang sangat jelas dari tipe ini adalah perangkat lunak anti virus.

Kita juga dapat menemukan perangkat lunak bebas sepenuhnya, namun termasuk dalam produk periklanan. Distribusi jenis ini disebut Adware.

referensi :

http://agussale.com/freeware-shareware-free-software-dan-adware

One thought on “Freeware, Shareware, Free Software, Adware

  1. Ooh,,I see. Jd ini toh perbedaannya,,,♥̸̨˚˚°♧ŧĦǻņĶ§:*YǻcĦ♧°˚˚‎​♥̸̨ pa phuu info’a… :*

Tinggalkan Pesan Anda Disini

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s